Swine Influenza a.k.a Flu Babi

1:26 PM

Setelah aku browsing di wikipedia.com, arti dari Flu Babi adalah kasus-kasus Influenza yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae yang endemik pada populasi babi. Biasanya manusia akan tertular jika bersenruhan dengan babi, tetapi akhir-akhir ini Flu Babi sudah bisa menular dari manua ke manusia. Gejala virus flu babi ini antara lain demam, disorientasi, kekakuan pada sendi, muntah-muntah, dan kehilangan kesadaran yang nantinya berakhir pada kematian. Wah, seram juga ya!!

Ini dia asal usul flu babi yang aku ambil dari Wikipedia.com juga. Pada tanggal 5 Februari 1976, seorang tentara di Amerika Serikat, lebih tepatnya di Fort Dix menyatakan dirinya kelelahan dan lemah dan keesokan harinya, tentara ini meninggal dunia. Dokter menyatakan kematiannya itu disebabkan oleh virus ini sebagaimana yang terjadi pada tahun 1918. Gerald Ford selaku Presiden saat itu, diminta untuk mengarahkan rakyatnya disuntik dengan vaksin, tetapi rencana itu dibatalkan. Lalu ditemukan lagi kasus pada tanggal 20 Agustus 2007 lalu, virus ini menjangkiti seorang warga di pulau Luzon, Filipina.

Menurut Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, gejala flu babi ini mirip dengan influenza seperti biasa. Gejalanya seperti demam, batuk, sakit pada kerongkongan, sakit pada tubuh, kepala, panas dingin, dan lemah lesu. Beberapa penderita juga melaporkan buang air besar dan muntah-muntah.

Ini diagram yang diambil dari wikipedia.com juga



(daerah warna hitam) Kasus sudah dipastikan dan disertai korban jiwa
(daerah warna merah) Kasus sudah dipastikan
(daerah warna kuning) Kasus belum dipastikan

Untung aja Indonesia masih aman dari flu babi. Jadi, nggak perlu takut! Kalau memang mau pergi ke luar negeri yang daerahnya sudah atau masih dalam gelaja flu babi ini, jangan lupa untuk pakai masker dan coba deh untuk nggak bersentuhan dengan babi. Oke, kalau gitu, sekian dulu deh ya, lanjut ke postig berikutnya…

You Might Also Like

1 commentaires

Shout Box






Follow me